Jumat, 26 April 2013

Pendidikan Anak Pra Sekolah






Pendidikan pra sekolah adalah pendidikan yang diberikan kepada anak-anak balita sebelum masuk sekolah taman kanak-kanak atau pendidikan dasar pertama yaitu sekolah dasar (SD). Sistem pendidikan ini juga sering dinamakan dengan pendidikan usia dini atau PAUD. Sistem pendidikan pra sekolah ini pertama kali dikenal oleh masyarakat ketika mereka mulai menyadari arti pentingnya mendidik anak sejak dini. Sehingga penyelenggaraannya juga lebih sering dilakukan oleh masyarakat sendiri melalui berbagai macam organisasi seperti PKK atau Lembaga Swadaya Masyarakat lain yang bergerak di bidang pendidikan.


Pembelajaran sejak dini harusnya diterapakan para orang tua terhadap anak-anaknya. Bagaikan kertas putih bersih, Seorang anak terlahir masih dalam keadaan bersih dan perlu untuk digoreskan suatu pembelajaran dari orang terdekat dan nantinya lingkunganlah yang sangat berperan aktif. Seperti banyak penulis mengungkap bahwa anak yang baru lahir merupakan organisme dengan kemampuan belajar efisien.
Demikian juga dengan pendidikan anak usia pra-sekolah (Usia pra-sekolah adalah dimulai sejak anak keluar dari rahim sang ibu hingga dia mulai memulai pendidikan formal, misal kelompok bermain (play group) ataupun Taman kanak-kanak (TK)). Sangat banyak hal yang harus dipelajari oleh seorang anak pada usia ini. Mengapa? Karena landasan utama berpikir mereka ada disini. Seperti halnya Pondasi pada suatu rumah, kokoh tidaknya pondasi sangat mempengaruhi bangunan yang ada diatasnya.


 Tetapi sangat disayangkan, banyak orang tua yang tidak menyadari betapa sangat pentingnya pendidikan usia dini ini. Anggapan salah bahwa pendidikan anak dimulai saat dia sekolah adalah anggapan yang harus dihindari para orang tua modern. Pendidikan usia dini ini akan sangat membantu dalam proses persiapan seorang anak dalam memasuki masa sekolah dan mencapai keberhasilan.

Demikian juga dengan sikap dan pola asuh orang tua dalam membesarkan anak. Banyak sekali kesalahan yang telah dilakukannya namun sangat sedikit sekali orang tua yang mau mengakuinya atau bahkan berniat mengubahnya. Kesalahan sepele dan sekecil apapun akan berdampak pada perkembangannya kelak .


Ingatlah kata-kata ini:

 “Dari lingkungan hidupnyalah anak-anak akan belajar”.

Adapun tujuan utama dari pendidikan pra sekolah adalah untuk mengembangkan tingkat kecerdasan dan mental baik secara fisik dan rohani, serta membentuk karakter anak agar bisa mengatur perasaan emosi serta punya jiwa sosial yang tinggi. Sehingga ketika mereka masuk pada tingkat pendidikan dasar pertama, anak-anak bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan lebih mandiri.

Mendidik anak sejak dini memang perlu melibatkan masyarakat umum bukan sekedar menjadi tugas orangtua semata. Karena rentang usia antara nol hingga enam tahun adalah masa emas dimana otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga mencapai 80%. Pada usia ini anak dengan mudah menyerap berbagai informasi melalui obyek yang dilihat dan diamati.

Namun pada usia ini pula anak belum bisa membedakan mana info yang baik dan yang tidak baik bagi mereka. Dan yang tidak boleh dilupakan, anak-anak ini ketika melakukan pengamatan tidak terbatas pada lingkup keluarganya saja, namun sudah mulai merambah pada lingkungan luar rumah. Dari sini sistem pendidikan pra sekolah untuk mendidik anak sejak dini yang diadakan akan punya peran yang penting.

Sebab pendidikan pra sekolah atau PAUD akan mengajarkan pada anak untuk memilih mana info yang boleh dijadikan contoh dan info yang tidak boleh diserap. Sehingga mereka sudah bisa membedakan perbuatan yang baik dan perbuatan yang merupakan pelanggaran serta tidak boleh ketika masuk pada pendidikan dasar pertama.

Pendidikan pada 3 tahun pertama
Pendidikan 3 tahun pertama kehidupan anak akan sangat berpengaruh pada 20 - 25 tahun yang akan datang pada kehidupan anak tersebut. Pendidikan dan cara asuh yang baik akan mencerahkan masa depan anak. Untuk itu, walaupun sebagai orang tua, kewajiban belajar memberikan pendidikan usia dini pada anaknya (usia pra sekolah) sangat mutlak diperlukan demi tumbuh kembang dan masa depan anak yang lebih baik.

Sesibuk apapun anda, sedahsyat apapun pekerjaan anda,pendidikan anak usia didni harus di nomor satukan. Yang pasti bukan hanya sanggup memberi makan, tapi sanggup untuk mencerahkan masa depannya kelak dan ini bukan hanya tugas Bunda, seorang ayahpun harusnya sanggup memberi peran lebih untuk anaknya walaupun Tugas Bunda disini sudah sangat mutlak diperlukan.


Orang Tua juga wajib belajar
Berani belajar dan bertanggung jawab adalah keharusan bagi orang tua. Mari kita sama-sama belajar demi masa depan anak kita dan generasi bangsa kita. Ingat bahwa Dari lingkungan hidupnyalah anak-anak akan belajar dan pendidikan anak usia dini sangat penting dalam kehidupannya kedepan.

Pelajaran yang diberikan pada sistem pendidikan pra sekolah tidak hanya melalui perkataan saja, namun justru lebih mementingkan pada bentuk-bentuk permainan edukatif dan kandungan moral yang tinggi. Jadi anak tidak akan merasa terbebani dan tetap bisa melewati masa kanak-kanaknya yang penuh kegembiraan bersama teman-teman sebayanya.
  


0 komentar:

Poskan Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "