KELOMPOK 2
EVALUASI PERFORMA DEMONSTRASI PEMBUATAN CARAMELIZED BANANA CHIPS
PERSIAPAN SEBELUM DEMONSTRASI
Performa
dilakukan secara random bagi kelompok yang melakukan kegiatan di luar
kelas andragogi, oleh karena itu kami melakukan demonstrasi pada tanggal
10 Mei 2015 Jl.Dr. Mansyur gang sipirok no 2D. Sebelum melakukan
demonstrasi kami menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Setelah itu
kami mengingatkan kembali kepada peserta demonstrai untuk datang tepat
waktu, yaitu pukul 10.00 WIB.
Adapun peserta yang mengikuti demonstrasi kami yaitu:
1. Nurvita Sari
2. Kholis
3. Ziza
4. Heni
5. Nely
6. Rafika
7. Nadia
8. Leli
9. Azrah
10. Wiwik
Kendala yang Dihadapi
· Kami memiliki kendala dalam mengumpulkan dana, karena ada beberapa anggota kelompok yang terlalu lama
memberikan uang, padahal kami harus menyediakan bahan yang dibutuhkan sebelum
pelaksanaan demonstrasi.
memberikan uang, padahal kami harus menyediakan bahan yang dibutuhkan sebelum
pelaksanaan demonstrasi.
· Beberapa
hari sebelum melaksanakan demonstrasi kami mencoba untuk mencari bahan
yang diperlukan, namun kami tidak mendapatkan pisang yang digunakan
sebagai bahan utama. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk membeli
keripik pisang yang telah jadi. Kami hanya memberikan demonstrasi
pembuatan karamelnya saja.
· Menentukan
jadwal untuk pelaksanaan demonstrasi. Kami harus menyesuaikan waktu
luang yang kami miliki dengan waktu luang para peserta.
· Kami
juga memiliki kendala pada anggota kelompok. Nova Hardiyanti Pane
terlambat datang dan HettyJuliani tidak bisa hadir karena sakit.
· Beberapa peserta demonstrasi juga terlambat hadir yaitu Azrah dan Wiwik.
PELAKSANAAN DEMONSTRASI
Ketika pelaksanaan demonstrasi kami, ada beberapa rangkaian kegiatan yang kami lakukan yaitu:
· Perkelanan
Kami melakukan perkelanan sebelum melaksanakan demonstrasi. Pertama seluruh anggota kelompok memperkenalkan diri kami
kepada seluruh peserta, kemudian kami meminta peserta untuk
memperkenalkan diri mereka. Kami melakukan perkenalan karena dengan
mengenal satu sama lain akan terjalin rasa nyaman dan para peserta lebih
tertarik dalam mengikuti demonstrasi.
· Penjelasan
Sebelum membuat caramelized banana chips kami menjelaskan alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara pembuatannya.
· Demonstrasi
Pelaksanaan
demonstrasi kami lakukan di ruang tamu, dan kami memasak di lantai.
Seluruh peserta berada di sekeliling kami. Hal ini kami lakukan agar
mereka dapat melihat dengan jelas bagaimana proses pembuatan yang
terjadi. Kami kembali menjelaskan kepada mereka setiap tahapan yang
terjadi ketika pembuatannya. Mereka juga bertanya kepada kelompok
hal-hal yang kurang jelas.
· Penutup
Setelah membuat caramelized banana chips
kami menyicipinya, semua peserta mencobanya, dan mereka memberi
apresiasi yang baik. Mereka mengatakan bahwa mereka sangat menyukainya,
dan berniat untuk membuatnya sendiri.
Distribusi Tugas
· Perkenalan :
Seluruh anggota kelompok.
Seluruh anggota kelompok.
· Penjelasan
: Ilmi khoir purba, Juliani Sapitri,
: Ilmi khoir purba, Juliani Sapitri,
Delila Wahyuni Tanjung,
dan Nova Hardiyanti
Pane.
dan Nova Hardiyanti
Pane.
· Demonstrasi
:
:
Caramelized
Banana Chips (Marquisa)
Banana Chips (Marquisa)
Demonstrator
: Ilmi Khoir Purba
: Ilmi Khoir Purba
Juliani Sapitri
Caramelized
Banana Chips (Rasbery)
Banana Chips (Rasbery)
Demonstrator
:
Delila Wahyuni Tanjung
:
Delila Wahyuni Tanjung
Nova Hardiyanti Pane
Dokumentasi
:
Arifa Ulia Bahri
:
Arifa Ulia Bahri
· Penutup : Seluruh anggota
kelompok.
kelompok.
PERSIAPAN SEBELUM PRESENTASI
Presentasi dilakukan dengan sistem random, jadi sebelum presentasi dilakukan kami melakukan beberapa persiapan. Kami menyiapkan power point yang dikerjakan oleh Ilmi, Juli, Delilah, Nova, Arifa dan Hetty. Sedangkan video dibuat oleh Arifa.
Setelah membuat Power Point
kemudian kelompok membagi bahan untuk dipresentasikan. Setiap anggota
kelompok mendapat bagian yang seimbang. Adapun distribusi tugas untuk
presentasi yaitu:
-
-
Hetty juliani : Pengertian berdaya cipta, pengertian metode demonstrasi dan tujuan dari metode demonstrasi
Hetty juliani : Pengertian berdaya cipta, pengertian metode demonstrasi dan tujuan dari metode demonstrasi
-
Nova Hardiyanti : Kelebihan dan kelemahan metode demonstrasi
Nova Hardiyanti : Kelebihan dan kelemahan metode demonstrasi
-
Arifa Ulia Bahri : Rancangan kegiatan
Arifa Ulia Bahri : Rancangan kegiatan
-
Delilah Wahyuni : Alat dan bahan, taksasi dana
Delilah Wahyuni : Alat dan bahan, taksasi dana
-
Juliani Sapitri : Cara pembuatan dan perbandingan bahan
Juliani Sapitri : Cara pembuatan dan perbandingan bahan
-
Ilmi Khoir purba : Pelaksanaan dan Distribusi tugas
Ilmi Khoir purba : Pelaksanaan dan Distribusi tugas
Sebelum
melakukan presentasi, setiap anggota kelompok melakukan latihan
presentasi agar presentasi yang disampaikan bisa berjalan optimal.
Pelaksanaan Presentasi
Pada tanggal 28 Mei kami mendapat giliran untuk presentasi. Pertama kami menyiapkan hal-hal yang akan dipresentasikan beserta hasil berdaya cipta yang kami demonstrasikan. Pembukaan dilakukan oleh Hetty Juliani, dengan memulai ice breaking kemudian dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil diskusi yang kami buat. Semua anggota kelompok menyampaikan persentasi dengan baik.
·
Pertanyaan/Evaluasi dari Audiens
Pertanyaan/Evaluasi dari Audiens
1. Habibie Almy
Dia bertanya kenapa kelompok tidak membuat keripik pisangnya sendiri?
Kelompok menjawab, pertama kelompok memang berencana untuk membuat
keripik pisang sendiri, namun karena beberapa kendala seperti kesulitan
mendapatkan pisang yang dibutuhkan untuk pembuatan keripik.
·
Evaluasidari Ibu Filia Dina Anggaraeni
Evaluasidari Ibu Filia Dina Anggaraeni
1. Apakah kelompok memiliki dokumentasimengenai feedback dari audience?
Kelompok menjawab tidak memiliki dokumentasi namun sebelum melakukan demonstrasi audience sudah memberikan
feedback kepada kelompok bahwa mereka sangat antusias dengan
demonstrasi yang dilakukan kelompok. Setelah melakukan demonstrasi
audience juga memberikan feedback positif terhadap kegiatan yang
dilakukan dan mereka sangat tertarik dengan demonstrasi pembuatan ” caramelized banana chips” .
2. Dimana letak esensi andragoginya?
Letak
esensi andragoginya, pertama kelompok mendapatkan tugas yang berkaitan
dengan pendekatan berdaya cipta dimana berdaya cipta itu adalah mencoba
mengkreasikan atau menciptakan sesuatu yang baru. Letak esensi
andragoginya itu sendiri berada
ketika kelompok mencoba untuk mencari tema yang menarik dan sesuai
dengan kebutuhan orang dewasa untuk membuat cemilan yang praktis. Dan
tema ini bertujuan untuk memberi pengetahuan baru pada audience tentang
pembuatan cemilan yang praktis sehingga aundience sendiri bisa
mempraktekkannya di rumah.
KENDALA YANG DIHADAPI
Kelompok mengalami kendala pada saat pembuatan power point, dimana kelompok mengerjakan power point nya pada pagi hari sebelum presentasi dilakukan, sehingga kelompok harus terburu-buru untuk menyelesaikan power point dan video yang akan dipresentasikan. Tetapi kendala tersebut dapat diatasi oleh kelompok karena powerpoint dan video dokumentasinya selesai tepat waktu.
0 komentar:
Posting Komentar